MASIGNCLEANSIMPLE101

Wajib Tahu! Fungsi dan Cara Kerja Server Pulsa

Fungsi Server Pulsa Dan Cara Kerjanya

Bagi siapa saja yang belum pernah memulai atau mencoba bisnis server pulsa tentu saja masih asing dengan istilah Server Pulsa. Pasti penasaran dan akan mencari tahu.
Nah, begini penjelasan dari server pulsa atau sistem kerja server pulsa.
Server pulsa adalah seperangkat atau satu set komputer yang didalamya sudah diinstal dan disetting software isi ulang pulsa all operator. Sistem server pulsa ini dihubungkan dengan modem dan HP dan didalam HP tersebut berisi produk per provider, melalui chip Mtronik, Mkios, Dompul dan lain-lain.
fungsi server pulsa
Modem server pulsa, penunjang server pulsa


Mekanisme ( Cara Kerja ) Server Pulsa

Untuk memahami mekanisme sebuah server pulsa, maka diperlukan sebuah pemahaman yang luas dan mendalam, dan jika ada orang yang mengatakan mekanisme server pulsa rumit, maka itu karena pemahaman yang belum terlalu mendalam.
Cara kerja server pulsa dimulai dari menggabungkan produk dari masing-masing provider selular ke dalam sebuah sistem yang terdiri atas hardware dan software isi ulang pulsa. Gambaran singkatnya, server pulsa ini memungkinkan pengguna untuk mengisi pulsa all operator, hanya dengan menggunakan satu chip/ user atau identitas. Secara fisik, transkasi dilakukan dengan satu nomor HP saja untuk mengakses semua produk al operator.
Lalu bagaimana sih server pulsa bisa bekerja dengan baik? Sebuah server pulsa biasanya dibekali dan dilengkapi dengan perangkat-perangkat yang canggih seperti kompter berspesifikasi tinggi, modem-modem SMS yang berkualitas dan software yang berfitur lengkap sehingga transkasi pengisian pulsa berjalan otomatis dan cepat, bahkan dalam hitungan detik saja.
Untuk proses input misalnya, user atau member yang sudah melakukan pendaftaran dan tergabung sebagai agen dalam sebuah sistem server pulsa, maka akan terbaca secara otomatis segala perintah pesan yang dikirim ke SMS center dari sistem server tersebut, Proses input bisa dilakukan melalui SMS, Telegram,Nimbuzz, Whatsapp daln lain-lain.
Perintah trankasi yang ditulis bisanya berisi perintah top up pulsa ke pelanggan, cek saldo, ceh harga produk, cek saldo, transfer saldo dan aktivitas-aktifitas lain.

Beda Software Beda Format 

Format transkasi pada setiap server pulsa berbeda-beda. Contoh saja, misal huruf "S", untuk cek saldo, diikuti PIN dari setiap member.

Contoh Pesan:
S.1234
( cek saldo agen dengan pin transkasi 1234)

Dan jika agen mengirim perintah tertentu sesuai format transkasi ke pusatnya, maka server pulsa akan secara otomatis merespon dan memproses sesuai perintah traksaksi.
Contoh reply:
Yth AULIA CELL, id CR001 sisa saldo anda sekarang Rp 147,955, total transaksi hari ini : 0, rebate :58,600, pada Jumat, 03-08-2018 jam 10:29:02

Jika perintah transkasi isi pulsa yang diterima berupa top up/ pengisian pulsa, maka server akan lerlebih dahulu memotong saldo agen, dan jika saldo mencukupi sesuai pembelian maka akan diteruskan pada kelompok transkasi. Selanjutnya, akan diproses oleh modul-modul yang sudah disetting sedemikian rupua sehinggan akan mengeksekusi perintah top up pulsa pada provider tertentu.

Output

Sesudah perintah transaksi diproses oleh modem, maka selanjutunya akan muncul  report/ laporan mengenai hasil proses transaksi tersebut. Proses ini  juga terjadi secara otomatis. Hasil dari proses perintah transkasi sesuai format bisa berupa laporan top up pulsa berhasil/gagal, saldo yang tersisa tersedia dan harga pulsa pengisian/top up.

Laporan inilah yang kemudian n dikirim via SMS Sender kepada member/reseller yang sudah bertranskasi dengan mengirimkan perintah sesuai format pesan/ transaksi yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh pihak penyedia server pulsa.

Lantas apakah fungsi dari server pulsa ini? Dengan adanya server pulsa yang berjalan secara otomatis ini, maka hanya perlu menggunakan satu buah chip saja untuk pengisian all operator. Itu artinya, Anda hanya perlu menyediakan satu buah ponsel atau smartphone saja, sehingga sangat  mudah bertransaksi mengisi produk pulsa lain.

Tips dan Cara Memilih Software Yang Tepat

Software pulsa sendiri adalah merupakan mendasar dan mnejadi kebutuhan utama untuk semua pengusana atau bisnis server pulsa. Memiliki sebuah peran yang krusial di setiap transaksi jual beli dan saat ini sangat banyak software pulsa murah yang ditawarkan di pasaran. Jadi anda pun harus pintar dan jeli dalam memilih software yang tepat untuk mengawal dan mendukung usaha server pulsa tersebut.

Caranya dengan memilih software pulsa yang tepat, software yang menyediakan  banyak fitur menarik. Pilih juga software pulsa yang memiliki layanan purna jual yang terjamin, pilih software pulsa yang cara instalnya mudah dan amankan dengan database dengan Dongle.

Pastikan software yang anda gunakan adalah software yang benar-benar menunjang bisnis server pulsa anda.
Share This Article :
Info Kepegawaian

Dari hati saya yang terdalam, ingin membagikan informasi seputar perkembangan kepegawaian di Indonesia. Dan kemampuan yang saya miliki adalah menulis blog, tanpa mengenal kostumisasi blog. Melalui Info Kepegawaian, saya akan memberikan informasi kepegawaian di Indonesia, terutama untuk guru. Salam