MASIGNCLEANSIMPLE101

Server Pulsa dan Seluk Beluknya

Mungkin banyak diantara kita sudah tahu apa itu server pulsa. Tapi, tahukah anda bahwa server pulsa juga bisa jadi peluang usaha yang cukup menguntungkan, lho? Mari kita simak ulasannya dibawah ini.
Server Pulsa

Apa Itu Server Pulsa?

Pengisian pulsa secara elektronik dinilai sebagai solusi praktis untuk penghematan biaya distribusi, dan meminimalkan bentuk pemalsuan voucher yang sering terjadi. Nah, keberadaan server pulsa dihadirkan untuk memudahkan proses tersebut. Server pulsa adalah Seperangkat komputer yang sudah terinstall, yang terintegrasi/terhubung dengan modem/ponsel. Biasanya setiap perangkat modem/ponsel berisi chip dari beberapa operator, contohnya: M-KIOS, DOMPUL, SEV, M-TRONIK, FLEXI dll
Berikut beberapa perangkat yang diperlukan.
  1. Komputer lengkap (CPU, Monitor, Keyboard, Mouse) disarankan keluaran terbaru untuk melancarkan proses penjualan lebih cepat.
  2. Modem/ponsel
  3. UPS / Penyedia Listrik Tersimpan ( semacam baterai yang digunakan hampir 6 jam ketika mati lampu).
  4. Software pulsa original.

Kenapa Server Pulsa Bisa Menjadi Ladang Usaha yang Menarik?

Kita sudah mengetahui apa itu server pulsa, dan apa saja hal-hal yang kita butuhkan untuk memulai usaha ini. Tentu itu bukan hal yang sulit, bukan? Seperti yang kita ketahui, saat ini pengguna ponsel di Indonesia sudah mencapai jumlah angka yang fantastis. Tentu bisa kita bayangkan berapa omset yang bisa didapatkan dengan berkecimpung dalam usaha ini, seperti menjadi owner server pulsa contohnya. Nah, kita lihat apa saja kelebihan usaha server pulsa ini.
  1. Resiko kecil. Tidak ada batas waktu kadaluarsa, tidak rusak, hanya perlu SMS untuk pendistribusiannya.
  2. Jangkauan pasar yang luas.
  3. Praktis dan efektif. Tidak perlu tempat khusus. Bisa dirumah, kos-kosan, kontrakan, dll.
  4. Modal yang terbilang cukup terjangkau.

Dari gambaran diatas, tentu sudah bisa dimengerti bahwa sebenarnya menciptakan ladang usaha tidaklah sulit. Salah satunya adalah server pulsa. Banyak orang tidak memahami betul apa itu server pulsa, dan bagaimana cara menjalankan dan mengembangkan usaha ini. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis tapi memiliki modal kecil, usaha ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

Suka penasaran, kan, bagaimana cara kerja pulsa? Nah, sebenarnya cara kerjanya cukup simple. Rata-rata pelaku bisnis pulsa ini menggunakan yang disebut server pulsa. Nah, server pulsa ini terdiri dari perangkat komputer lengkap dengan software pulsa dan berguna untuk bertransaksi pulsa elektronik, mulai dari pulsa telpon, listrik dan lainnya. Karena itu, server pulsa ini cocok sekali dijadikan ladang bisnis yang memiliki prospek bagus. Untuk lebih jelasnya, kinerja dan syarat menjadi server pulsa kita bahas di bawah ini!

Bagaimanakah Cara Kerja Server Pulsa?

Kinerja server pulsa hanyalah sebagai penyalur Transaksi pengisian Agen pulsa / counter Pulsa ke operator setiap provider seperti Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren, Three, Esia, Ceria, Token PLN dll. Pesan Transaksi yang dilakukan oleh Agen Pulsa dapat melaui SMS atau Yahoo Messenger. Setelah pesan masuk dan di baca oleh server pulsa, maka pesan secara otomatis akan meneruskan perintah pengisian pulsa sesuai dengan operator yang akan diisi. Semua Transaksi itu dilakukan secara otomastis. Oleh karena itu, Anda harus memiliki stok di masing-masing operator. Apabila stok Anda habis, maka transaksi ke agen Anda akan gagal.  

Apa Saja Syarat Menjadi Server Pulsa?

Komputer/Laptop
Komputer minimal menggunakan Processor Dual Core atau Quad Core, baik INTEL maupun AMD dengan RAM minimal 1GB. Lalu untuk Laptop sebenarnya bisa saja digunakan, namun server pulsa ini penggunaannya 24 jam. Sehingga laptop tidak disarankan karena kerjanya harus ekstra berat.
Modem

Modem khusus server pulsa memiliki kemampuan melakukan transaksi yang jauh lebih cepat dibanding HP biasa. Selain itu, modem ini mampu menampung volume dan merespon transaksi bertubi-tubi dalam waktu yang singkat. Tidak hanya itu, perawatan modem lebih mudah dan awet.
Software Isi Ulang Pulsa One Chip All Operator

Software ini adalah  software yang digunakan untuk mengatur proses isi ulang pulsa. Sehingga semua akan berjalan secara otomatis tanpa campur tangan manusia.
UPS (Uninterruptible Power Supply)

Kegunaan alat ini sangatlah penting bagi Anda agar bisnis server pulsa lancar. Fungsinya yaitu memberikan energi listrik sementara ketika terjadi masalah pada daya listrik utama. Nah, tidak mungkin, kan, saat pemadaman mendadak, transaksi yang sedang berlangsung malah terhenti karena komputer mati mendadak.
Itulah syarat menjadi server pulsa yang wajib Anda penuhi kalau ingin mencoba berbisnis server pulsa. Pastikan selalu meminta penyedia server memberikan pengarahan dan bimbingan penuh agar bisa menghadapi beberapa masalah saat bisnis Anda berjalan.

Cara Kerja Server Pulsa



Apa itu software server pulsa? Mungkin beberapa dari Anda masih asing dengan istilah tersebut. Software server pulsa adalah perangkat paling penting yang wajib terinstall dalam komputer. Perangkat ini sebagai pusat pengendalian yang mengatur keseluruhan proses data dan transaksi pulsa. Sistem dan cara kerja software server pulsa sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dipahami. Berikut kita jelaskan sistem dan cara kerjanya.

Sistem dan Cara Kerja Software Server Pulsa

Software server pulsa dirancang begitu canggih sehingga sistem bekerja dengan otomatis, cepat, ringan akurat, dan tanpa hambatan. Tujuan dari penggunaan software ini untuk menggantikan cara kerja manusia yang dilakukan secara manual. Terdapat beberapa menu pilihan umum dalam software pulsa diantaranya produk, reseller, transaksi, in / outbox, laporan, setting, dan lain-lain. Untuk cara kerja software server pulsa sendiri membutuhkan beberapa perangkat pendukung seperti komputer, modem/hp, dan UPS (Uninterruptible Power Supply).
  1. Input Perintah dari server pulsaMenyalurkan transaksi pengisian agen pulsa/konter ke operator setiap provider. Server pulsa harus memiliki stok yang cukup pada setiap providernya untuk proses transaksi. Cara kerja software server pulsa berikutnya adalah memasukkan input berupa perintah yang dikirimkan seperti cek saldo, cek harga, dll. Input ini diterima oleh perangkat SMS Center server dalam bentuk keyword. Perintah transaksi hanya bisa dilakukan pihak reseller yang bersangkutan dan telah terdaftar..
  1. Selanjutnya, setelah keyword terbaca secara otomatis server akan meneruskan perintah pengisian pulsa ke dalam tabel transaksi. Kemudian, transaksi tersebut akan diproses oleh modul-modul (MKIOS, DOMPUL, M-TRONIK, dll) yang bekerja sesuai perintah. Lalu, modul tersebut akan memberikan respon apakah transaksi berjalan sukses atau gagal.
  2. Output Server Pulsa. Langkah berikutnya adalah server akan memberikan respon kepada reseller melalui perangkat bernama SMS Sender, yang memberikan laporan pengiriman laporan melalui SMS kepada agen pulsa/konter.

Cara kerja Sofware server pulsa sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan selama ini. Keberadaan software server pulsa sendiri sangat berguna untuk menggantikan transaksi pengisian pulsa yang dilakukan secara manual dan rentan membuat kesalahan teknis. FP jasa server pulsa

Share This Article :
Info Kepegawaian

Dari hati saya yang terdalam, ingin membagikan informasi seputar perkembangan kepegawaian di Indonesia. Dan kemampuan yang saya miliki adalah menulis blog, tanpa mengenal kostumisasi blog. Melalui Info Kepegawaian, saya akan memberikan informasi kepegawaian di Indonesia, terutama untuk guru. Salam